Friday, February 27, 2009

Termehek-Mehek | Asli atau Rekayasa?!


Pernah nonton acara reality show Termehek-mehek ga nih?! Acara reality show yang menurut saya lagi booming saat ini bahkan ditengah-tengah Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009, karena acara dan cerita termehek-mehek ini pun sampe jadi bahan pembicaraan (baca: ajang gossip) oleh para kaum hawa di kantor tanpa peduli suasana sedang ramai atau sepi...he3xihihihih Acara Reality Show Termehek-mehek sendiri ditayangkan dua kali dalam seminggu pada hari sabtu minggu pada jam 18.30 wib, dan dibawakan oleh saya sendiri (haiyah!) Mandala Soji dengan didampingi oleh Panda -Katakan Cinta-. Bagi yang ga tau tentang acara Termehek-mehek ini, saya berikan sedikit gambaran tujuan reality ini diadakan adalah mengupas tentang Cara Membuat Facebook kasus kehilangan seseorang, entah itu pacar, temen bahkan saudara yg udah lama lost contact...(sungguh mulia konsep acaranya...)he3x.ketawa

Pada awal-awal acara reality show Termehek-mehek ini tampil saya sebenernya ga terlalu tertarik untuk menontonnya, dengan prinsip males dan juga buang-buang waktu aja liat orang nangis bin cengeng buat sebuah cinta tetapi tanpa sengaja saya pun melihat acara termehek-mehek dan rupanya seperti saya terhipnotis, terpesona, bahkan seperti air yang mengalir saya pun mengikuti konsep acara yang menurut saya waktu itu top banget deh!!! (semenjak itu aku pun mengikutinya tanpa henti tiap episodenya..)he3x. Yach dengan tekun pun aku melihat acara yang selalu dimulai dengan canda riang, trus ada sentuhan aura serius dan berkahir selalu dan pasti dengan letupan perasaan emosi dari klien dan target sehingga membawa suasana yang termehek-mehek (ga mungkin tho terpingkal-pingkal jumpalitan)he3x. Saya pun semakin tertarik dari sini karena ada pesan moral yang positif tentang suatu hubungan antar manusia.

Dan karena terpesona cinta acara Termehek-mehek itu pun saya pun mulai untuk berburu informasi yang lebih lanjut dan dipercaya untuk melihat acara reality show Termehek-mehek yang menjadi virus bagiku. Dan pada saat melihat sana-sini akhirnya akupun menemukan situs yang berbicara tentang Pro-Kontra Termehek-mehek tentang asli atau rekayasa dari reality show itu di http://www.wikimu.com/News/displaynews.aspx?id=8565 dan dari seorang user ber-ID "Andriza" yang telah berani mengklaim bahwa Acara Reality Show Termehek-Mehek adalah FIKSI!!!
Berikut sedikit komentar dari "Andriza" yang dapat saya angkat :

Hampir semua (bahkan semua) cerita dari termehek-mehek merupakan cerpen top kasmaran saat dulu.
Saya 100% yakin kalau acara ini bukan 100% pure rality show…
Kalau ada kemiripan cerita memang wajar..
Tetapi bagaimana bila kemiripan itu terletak dari awal hingga akhir DAN di setiap episode…
Bahkan sering kali bila saya melihat sekilas tayangan tersebut, saya bisa menebak awal cerita bahkan akhir cerita..
Saya dahulu bagian dari penulis cerpen di majalah2 remaja Jakarta…

Saya ingin sekali ada yang merespon ttg pendapat saya..
Bisa di kirimkan ke email : andriza@gmail.com

Tujuan saya tidak lain untuk mempertegas tayangan2 yang membohongi publik.

Hal yang sama pernah terbukti ketika saya melihat sering kali adegan “berantem” dalam acara SCTV yang pilih2 jodoh (saya tidak tau pasti judul acara itu)…

Terima kasih.


Nah lho, apakah acara reality show yang selalu ga pengen saya ketinggalan untuk mengikutinya apakah hanya sebatas fiksi yang dibungkus dengan kebohongan publik ditambah pembodohan masyarakat agar terlihat terharu sehingga keluar air mata yang menurutku sia-sia seperti orang sedang patah hati saja... tapi lepas dari semuanya itu saya pun punya pendapat pribadi tentang Pro Kontra acara reality show Termehek-mehek ini.
Berikut analisa saya apabila acara ini dibilang asli/Live :kaca pembesar
1. Peraturan dari kameramen televisi adalah ga boleh nge-shot crew atau team acara, tetapi di acara termehek-mehek ini seringkali kameramen tertangkap kamera dan masuk ke TV deh.
2. Kamera yang sering tidak stabil, menggambarkan bahwa pengambilan gambar secara tergesa-gesa dan natural.
3. Liat akting antara pembawa acara, klien juga target yang sangat-sangat natural. sehingga emosi dan dialog yang mereka keluarkan serasa nyata tanpa polesan sedikit pun.

Dan ini analisa saya apabila acara ini dibilang Fiksi atau cuman akting
1. Jalan ceritanya kadang menyentuh banget, sehingga terkesan dramatis, penuh tangisan sehingga seakan-akan mencontoh adegan-adegan yang ada di film.
2. Kadangkala "akting-nya" keliatan banget
3. Kadangkala gambar yang di-shoot itu adalah gambar yang sangat sulit sudutnya untuk diambil tetapi kok bisa terambil dengan bagusnya.

Yach mungkin ini semuanya hanyalah beberapa pikiran dari saya yang sering meyaksikan acara Termehek-mehek dan terkena sedikit pemikiran nakal yang akhirnya membuat pikiran nakal ini muncul juga, tapi semuanya kembali pada pribadi masing-masing untuk menyikapi acara Termehek-mehek ini antara asli atau cuman rekayasa aja... Jika anda pengen cari hiburan, acara reality show Termehek-mehek ini masih layak untuk dikonsumsi kok...sipjiin