Thursday, September 3, 2009

Gempa Tasikmalaya


Gempa Tasikmalaya yang telah terjadi pada hari rabu, 02 september 2009 dengan kekuatan kurang lebih sekitar 7,3 SR(Skala Richter) telah membuat duka di sekitaran pulau jawa tepat pukul 14.55 wib. Gempa yang berpusat pada 142 kilometer sebelah barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat tersebut dapat dirasakan sampai pada Pulau Bali, sehingga efek yang ditimbulkan pada kota-kota seperti cianjur, bandung, jakarta, tasikmalaya dan sekitarnya sangat besar dampaknya oleh sebuah gempa yang berpusat pada koordinat 7,77 LS dan 107,32 BT dengan kedalaman 49 km dan berjarak sekitar 142 km dari arah Barat Daya Tasikmalaya.

Dari informasi yang telah diterima dari BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) berpendapat bahwa Gempa Tasikmalaya terjadi akibat patahan lempengan yang berada di zona laut jawa dengan kedalaman sekitar 50 kilometer dari arah pantai selatan jawa. Apabila gempa ini dibandingkan dengan gempa di jogjakarta maka gempa tasikmalaya lebih kuat goyangannya. Gempa ini sendiri telah menimbulkan kerusakan dimana-mana baik rumah maupun gedung bertingkat dan juga merenggut jiwa yang sampai saat ini belum dapat dipastikan berapa banyak korban jiwa akibat gempa tasikmalaya dengan kekuatan 7,3 SR (Skala Righter)



Gempa yang telah terjadi di saat pertengahan bulan ramadhan 2009 ini telah membawa kita kepada suatu perenungan yang amat dalam tentunya, tetapi saya sendiri yakin semua kejadian pasti ada pelajaran yang dapat kita ambil karena jalan hidup seseorang telah ditentukan oleh Sang Maha Kuasa. Oleh karena itu ijinkan saya pribadi mengucapkan turut bela sungkawa kepada semua korban yang telah mengalami akibat Gempa Tasikmalaya semoga diberi ketabahan dan juga kelapangan hati.

NB : Untuk korban yang telah meninggal saya hanya bisa mengirimkan doa agar dapat diterima di sisi Tuhan...Amin