Tuesday, October 5, 2010

Sinusitis - Penyebab Sinusitis

Sinusitis - Penyebab Sinusitis, topik yang kita bahas kali ini adalah mengenai penyakit sinusitis, hal ini dikarenakan banyak penderita sinusitis yang berada ditengah-tengah masyarakat kita tanpa mereka sadari bahwa penyakit sinusitis telah menyebar, seperti halnya Mengenali Tanda-Tanda Kehamilan. Nah untuk itu biongo akan menjelaskan tentang apa itu Sinusitis dan Cara Penanggulangannya, Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga sinus dengan gejala yang sangat tampak adalah dengan keluarnya ingus disertai dengan bau yang kurang sedap akibat adanya infeksi mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan jamur yang hinggap di rongga sinus.

Penyebab sinusitis pun dapat bermacam-macam sebabnya, seperti yang sering terjadi adalah karena adanya virus, jamur dan bakteri yang diperparah apabila sang penderita mempunyai infeksi kerongkongan, infeksi amandel, infeksi gigi bagian belakang atau yang lainnya, bahkan beberapa faktor pendukung lainnya yang juga dapat menyebabkan sinusitis adalah benda asing di hidung, tumor, polip, polusi udara, udara dingin dan kering bisa menimbulkan penyakit sinusitis. Semua penyebab yang ada disini ditentukan juga dengan kondisi badan anda dalam menetralisir virus, jamur dan bakteri yang dapat menimbulkan sinusitis.

Sinusitis dapat digolongkan berdasarkan perjalanan penyakit sinus yang diderita seperti berikut ini;
1. Sinusitis akut, bila infeksi timbul beberapa hari sampai beberapa minggu.
2. Sinusitis subakut, bila infeksi timbul beberapa minggu sampai beberapa bulan.
3. Sinusitis kronik, bila infeksi timbul beberapa bulan sampai beberapa tahun.

Dalam beberapa kasus sinusitis timbul dengan didahului oleh infeksi saluran pernapasan atas, berupa pilek dan batuk dengan jarak yang cukup lama sekitar lebih dari 7 hari. Gejala yang dirasakan antara lain demam, rasa lesu, hidung tersumbat, ingus kental yang kadang berbau dan mengalir ke kerongkongan (post nasal drip), halitosis (bau mulut), sakit kepala yang lebih berat pada pagi hari, dan nyeri di daerah sinus yang terkena.

Nah apabila gejala-gejala dini sinusitis timbul maka tak ada salahnya anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dapat diobati dengan segera. Semoga postingan mengenai Sinusitis dan Penyebab Sinusitis dapat membantu anda juga postingan mengenai Cara Menghilangkan Jerawat dan untuk postingan selanjutnya akan biongo berikan mengenai Cara Penanggulangan Sinusitis dan Gejala Sinusitis tentunya.. see u!!