Tuesday, March 17, 2009

Distro | Trend Anak Muda


Distro sebagai solusi Trend Anak Muda zaman sekarang rupanya mulai berkembang pesat. Distro yang merupakan singkatan dari Distribution Store atau Distribution Outlet merupakan jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian dan beberapa macam aksesoris seperti tas, dompet, ikat pinggang, dll yang dititipkan oleh pembuatnya atau hasil dari produksi karya sendiri. Rata-rata Distro yang berada di Indonesia memproduksi sendiri semua produk mereka dengan label sendiri pula. Oleh karena itu, Distro saat ini pun menjadi sebuah fenomena yang memang para pelaku distro sendiri tidak bisa dipandang sebelah mata karena seiring bertambah tahun pertumbuhan distro semakin booming dan bukan hanya menjadi sebuah usaha kecil-kecilan melainkan sebuah industri yang bisa mendatangkan banyak uang sekaligus mewadahi gaya atau trend anak muda sekarang.

Ciri khas dari distro-distro yang ada yaitu berupa penawaran barang yang umumnya tidak diproduksi dalam jumlah banyak, maka dari itu anak muda yang menjadi konsumen dari distro tersebut ga perlu khawatir ada yang menyamai gaya atau trend-nya.

Awal mula perkembangan distro adalah di kota bandung pada pertengahan 1990-an yang pada waktu itu krisis moneter sedang menjangkiti negara kita, seperti facebook yang saat ini booming...he3x Dengan kondisi yang seperti itulah maka mengakibatkan harga produk sandang, pangan dan papan menjulang tinggi. Atas dasar desakan kebutuhan untuk hidup itulah, maka anak-anak muda mulai menyediakan produk "ready to wear" dengan harga yang terjangkau dan juga kualitas yang terjamin baik. Dari sebuah konsep yang sederhana inilah, saat ini Distro bisa dikenal masyarakat luas dan berkembang mengikuti arah trend anak muda zaman sekarang, hal ini tak terlepas dari sebuah semangat dan idealisme yang sangat tinggi untuk menjalankan sebuah bisnis independen ini karena tanpa semuanya itu bisnis Distro ga akan memiliki sebuah visi misi dan karakter yang sangat jelas...