Sunday, June 21, 2009

Mbah Surip


Mbah Surip - siapa yang tidak kenal dengan pelantun lagu reggae yang berjudul "Tak Gendong" yang saat ini sudah dikenal dan dilantunkan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Memang kalo dilihat dari lirik lagu Tak Gendong tersebut terkesan bahwa lagu tersebut sarat dengan kesederhanaan dan dengan iringan reggae membuat lagu ini bisa dengan cepat diterima oleh masyarakat. Tetapi bagi sosok Mbah Surip yang terkenal dengan tawa khas tersebut menganggap bahwa lagu yang diciptakannya sejak tahun 1983 itu penuh dengan filosofi yang sangat dalam.
Photobucket

Bagi Mbah Surip yang terlahir dengan nama asli Urip Ariyanto pada tanggal 5 Mei 1949 tersebut menganggap lagu Tak Gendong tersebut berisi dengan pembelajaran yang berfungsi sebagai tempat bernaung-nya manusia untuk belajar sesuatu hal yang salah agar kelak bisa menjadi benar dan tidak mengulangi kesalahan yang sama terus-menerus. Wow rupanya sebagai seorang seniman jalanan yang berpenampilan eksentrik rupanya memiliki pemahaman filosofi yang sangat dalam terhadap sebuah karya seni.



Bagi orang yang hanya mengenal Mbah Surip dari luarnya mungkin menganggap sosok beliau sebagai seniman jalanan yang tidak ada bedanya dengan pemulung, pengamen atau lain sebagainya tetapi itu semua gambaran itu sirna saat kita melihat pengalaman Mbah Surip saat muda dahulu. Pengalaman yang akan membuat kita terbelalak akan sosok Mbah Surip yaitu sebagai seorang pekerja di bidang pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan lainnya. Dan tempat kerja-nya pun tidak sebatas di Indonesia saja melainkan di Kanada, Texas, dan Yordania. Belum lagi kalo kita melihat titel yang sudah diperoleh beliau yaitu ST, Drs., dan MBA (S2 bos!!!)....xixixi tetapi itu semuanya tidak menjadikan Mbah Surip menjadi seniman yang sombong dan angkuh, tetapi pembawaan kesederhanaan dan mengayomi yang terlihat pada sosok yang terkenal lewat gaya khas Ha Ha Ha dan dilanjutkan dengan kata-kata I Love U Full...xixixixi.



Yach itulah sekilas sosok Mbah Surip yang saat ini dikenal sebagai seniman yang sangat dihormati karena pembawaan diri yang sopan dan sangat menarik untuk terus diikuti... WhaHaHaHa I Love U Full...xixixixi